Rabu, 04 November 2015

Tugas 4 Perilaku Konsumen

Pentingnya Sumber Daya Konsumen dalam Memahami Kemauan Konsumen

Konsumen merupakan beberapa orang yang menjadi pembeli atau pelanggan yang membutuhkan barang untuk mereka gunakan atau mereka konsumsi sebagai kebutuhan hidupnya. Pembangunan dan perkembangan perekonomian umumnya dan khususnya di bidang perindustrian dan perdagangan nasional telah menghasilkan berbagai variasi barang dan jasa yang dapat dikonsumsi. Di samping itu, globalisasi dan perdagangan bebas yang didukung oleh kemajuan teknologi telekomunikasi dan informatika telah memperluas ruang gerak arus transaksi barang dan jasa melintasi batas-batas wilayah suatu negara, sehingga barang dan jasa yang ditawarkan bervariasi baik produksi luar negeri maupun produksi dalam negeri. Kondisi yang demikian pada satu pihak mempunyai manfaat bagi konsumen karena kebutuhan konsumen akan barang dan jasa yang diinginkan dapat terpenuhi serta semakin terbuka lebar kebebasan untuk memilih aneka jenis dan kualitas barang dan jasa sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Sumber Daya Konsumen

Sumber daya konsumen adalah segala sumber daya yang mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa. Sumber daya konsumen terbagi menjadi 3 macam, yaitu :

·         Sumber daya ekonomi
·         Sumber daya sementara
·         Sumber daya kognitif

Sumber Daya Ekonomi
a.      Pengertian sumber daya ekonomi

Sumber daya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi merupakan segala sesuatu yang dimiliki sumber daya baik yang tergolong sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan ekonomi. Tingkat ketergantungan terhadap sumber daya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumber daya alam lain. Misalnya, penggunaan energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

b.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Jenis sumber daya ini pada dasarnya meliputi sumber daya alam yang mensuplai energi seperti minyak, gas alam, uranium, batubara serta mineral non energi, seperti : tembaga, nikel, aluminium, dll. Sumber daya alam jenis ini adalah sumber daya alam dalam jumlah yang tetap berupa deposit mineral diberbagai tempat dimuka bumi. Sumber daya alam ini bisa habis baik karena sifatnya yang tidak bisa diganti oleh proses alam maupun karena proses penggantian alamiahnya berjalan lebih lamban dari jumlah pemanfaatannya.

c.       Sumber daya alam yang dapat diperbarui

Kategori sumber daya alam ini tergolong sumber daya alam yang bisa habis dalam jangka pendek jika digunakan dan dicemari secara cepat, namun demikian lambat laun akan dapat diganti melalui proses alamiah. Misalnya :
·         Pohon-pohon di hutan
·         Rumput di padang rumput
·         Deposit air tanah
·         Udara segar

Sumber daya alam ini keberadaannya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam kerangka untuk mendorong, mempercepat dan menunjang proses pembangunan wilayah. Namun demikian penting untuk diperhatikan aspek ketersediaan termasuk daya dukungnya terhadap mobilitas pembangunan daerah, karena apabila dimanfaatkan dengan tidak bijaksana maka sudah pasti kemunduran pembangunan ekonomi wilayah akan semakin cepat dan tidak bisa dihindarkan.

Disamping komponen sumber daya alam, pada saat ini peranan sumber daya manusia dalam konteks kegiatan pembangunan ekonomi termasuk pembangunan ekonomi daerah sangat dibutuhkan. Faktor sumber daya manusia ini telah menghadirkan suatu proses pemikiran baru dalam telaah teori-teori pembangunan ekonomi, yang menempatkan sumber daya manusia sebagai poros utama pembangunan ekonomi baik dalam skala global, nasional maupan daerah. Strategi pembangunan ekonomi yang berbasis pada pengembangan sumber daya manusia dianggap sangat relevan dan cocok dengan kondisi dan karakter pembangunan ekonomi terutama di negara-negara berkembang sejak era 80-an.

Sumber Daya Sementara
a.      Pengertian sumber daya sementara

Sumber daya sementara adalah sumber daya yang bisa menghemat waktu, keinginan manusia ingin membeli barang dan jasa yang tujuannya menghemat waktu yang ada. waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (times goods).

b.      Barang yang menggunakan waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya : menonton TV, memancing, bermain golf, tennis, tidur, perawatan pribadi, dll.

c.       Barang penghemat waktu
Produk yang menghemat waktu yang memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka : oven, microwave, pemotong rumput, fast food, dll.

Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif

Sumber daya kognitif adalah sumber daya perencanaan dan pengambilan keputusan seorang konsumen terhadap apa yang ingin dibelinya. Kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata–skema tentang bagaimana seseorang mempersepsikan lingkungannya dalam tahapan – tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental.

Pengetahuan Konsumen

Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat diperlukan. Karena, hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan. Pengetahuan konsumen terbagi kedalam tiga macam, yaitu :

a.      Pengetahuan produk
Pengetahuan produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek terminology produk atribut atau fitur, harga produk dan kepercayaan mengenai produk.

b.      Pengetahuan pembelian
pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari lokasi produk.

c.       Pengetahuan pemakaian
Pengetahuan pemakaian yaitu suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan/ dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut dengan benar. Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.


Sumber :






1 komentar:

  1. How to win at casino - Airjordan15 Retro
    The air jordan 18 stockx super site casino what is the best air jordan 18 retro game of chance is played air jordan 18 retro red shipping with a card that is dealt to you by your dealer. air jordan 18 retro red suede cheap You are always dealt a free hand where to find air jordan 18 retro men blue if you think you can

    BalasHapus