Pentingnya Sumber Daya Konsumen dalam
Memahami Kemauan Konsumen
Konsumen
merupakan beberapa orang yang menjadi pembeli atau pelanggan yang membutuhkan
barang untuk mereka gunakan atau mereka konsumsi sebagai kebutuhan hidupnya.
Pembangunan dan perkembangan perekonomian umumnya dan khususnya di bidang perindustrian
dan perdagangan nasional telah menghasilkan berbagai variasi barang dan jasa
yang dapat dikonsumsi. Di samping itu, globalisasi dan perdagangan bebas yang
didukung oleh kemajuan teknologi telekomunikasi dan informatika telah
memperluas ruang gerak arus transaksi barang dan jasa melintasi batas-batas
wilayah suatu negara, sehingga barang dan jasa yang ditawarkan bervariasi baik
produksi luar negeri maupun produksi dalam negeri. Kondisi yang demikian pada
satu pihak mempunyai manfaat bagi konsumen karena kebutuhan konsumen akan
barang dan jasa yang diinginkan dapat terpenuhi serta semakin terbuka lebar
kebebasan untuk memilih aneka jenis dan kualitas barang dan jasa sesuai dengan
keinginan dan kemampuan.
Sumber Daya
Konsumen
Sumber
daya konsumen adalah segala sumber daya yang mempengaruhi konsumen untuk
membeli barang atau jasa. Sumber daya konsumen terbagi menjadi 3 macam, yaitu :
·
Sumber
daya ekonomi
·
Sumber
daya sementara
·
Sumber
daya kognitif
Sumber Daya
Ekonomi
a. Pengertian sumber daya ekonomi
Sumber
daya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi merupakan segala sesuatu
yang dimiliki sumber daya baik yang tergolong sumber daya alam maupun potensi
sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat serta dapat digunakan sebagai
modal dasar pembangunan ekonomi. Tingkat ketergantungan terhadap sumber daya
secara struktural harus bisa dialihkan pada sumber daya alam lain. Misalnya,
penggunaan energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk
angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumber daya alam
yang tidak dapat diperbarui.
b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
Jenis
sumber daya ini pada dasarnya meliputi sumber daya alam yang mensuplai energi
seperti minyak, gas alam, uranium, batubara serta mineral non energi, seperti :
tembaga, nikel, aluminium, dll. Sumber daya alam jenis ini adalah sumber daya
alam dalam jumlah yang tetap berupa deposit mineral diberbagai tempat dimuka
bumi. Sumber daya alam ini bisa habis baik karena sifatnya yang tidak bisa
diganti oleh proses alam maupun karena proses penggantian alamiahnya berjalan
lebih lamban dari jumlah pemanfaatannya.
c. Sumber daya alam yang dapat diperbarui
Kategori
sumber daya alam ini tergolong sumber daya alam yang bisa habis dalam jangka
pendek jika digunakan dan dicemari secara cepat, namun demikian lambat laun
akan dapat diganti melalui proses alamiah. Misalnya :
·
Pohon-pohon
di hutan
·
Rumput
di padang rumput
·
Deposit
air tanah
·
Udara
segar
Sumber
daya alam ini keberadaannya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam kerangka
untuk mendorong, mempercepat dan menunjang proses pembangunan wilayah. Namun
demikian penting untuk diperhatikan aspek ketersediaan termasuk daya dukungnya
terhadap mobilitas pembangunan daerah, karena apabila dimanfaatkan dengan tidak
bijaksana maka sudah pasti kemunduran pembangunan ekonomi wilayah akan semakin
cepat dan tidak bisa dihindarkan.
Disamping
komponen sumber daya alam, pada saat ini peranan sumber daya manusia dalam
konteks kegiatan pembangunan ekonomi termasuk pembangunan ekonomi daerah sangat
dibutuhkan. Faktor sumber daya manusia ini telah menghadirkan suatu proses
pemikiran baru dalam telaah teori-teori pembangunan ekonomi, yang menempatkan
sumber daya manusia sebagai poros utama pembangunan ekonomi baik dalam skala
global, nasional maupan daerah. Strategi pembangunan ekonomi yang berbasis pada
pengembangan sumber daya manusia dianggap sangat relevan dan cocok dengan
kondisi dan karakter pembangunan ekonomi terutama di negara-negara berkembang
sejak era 80-an.
Sumber Daya
Sementara
a. Pengertian sumber daya sementara
Sumber
daya sementara adalah sumber daya yang bisa menghemat waktu, keinginan manusia
ingin membeli barang dan jasa yang tujuannya menghemat waktu yang ada. waktu
menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena
konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada
suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu
waktu senggang. Sumber daya kognitif produk yang diklasifikasikan menurut sifat
waktu konsumen disebut barang waktu (times goods).
b. Barang yang menggunakan waktu
Produk
yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya : menonton TV, memancing,
bermain golf, tennis, tidur, perawatan pribadi, dll.
c. Barang penghemat waktu
Produk
yang menghemat waktu yang memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa
mereka : oven, microwave, pemotong rumput, fast food, dll.
Sumber Daya
Kognitif
Pengertian sumber
daya kognitif
Sumber
daya kognitif adalah sumber daya perencanaan dan pengambilan keputusan seorang
konsumen terhadap apa yang ingin dibelinya. Kemampuan untuk secara lebih tepat
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata–skema tentang bagaimana
seseorang mempersepsikan lingkungannya dalam tahapan – tahapan perkembangan,
saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara
mental.
Pengetahuan
Konsumen
Pengetahuan
konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam
produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan
dengan fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat
diperlukan. Karena, hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli
dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan. Pengetahuan konsumen
terbagi kedalam tiga macam, yaitu :
a. Pengetahuan produk
Pengetahuan
produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan
ini meliputi kategori produk, merek terminology produk atribut atau fitur,
harga produk dan kepercayaan mengenai produk.
b. Pengetahuan pembelian
pengetahuan
pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko
dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan
konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk
berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa
menghemat waktu dalam mencari lokasi produk.
c. Pengetahuan pemakaian
Pengetahuan
pemakaian yaitu suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika
produk tersebut telah digunakan/ dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa
memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus
menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut dengan benar. Produsen berkewajiban
untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian
suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.
Sumber
:
How to win at casino - Airjordan15 Retro
BalasHapusThe air jordan 18 stockx super site casino what is the best air jordan 18 retro game of chance is played air jordan 18 retro red shipping with a card that is dealt to you by your dealer. air jordan 18 retro red suede cheap You are always dealt a free hand where to find air jordan 18 retro men blue if you think you can