Selasa, 10 November 2015

Unsur - Unsur Kebudayaan

MEMAHAMI 7 UNSUR KEBUDAYAAN

Budaya merupakan hasil cipta dari manusia. Setiap budaya yang lahir dimanapun berada pastinya mengandung unsur - unsur kebudayaan yang bisa dianalitis. Budaya juga mencerminkan pola dan sikap dari masyarakat sekitar.
Menurut Koentjaraningrat budaya merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

7 Unsur Kebudayaan

Kebudayaan umat manusia mempunyai unsur – unsur yang bersifat universal. Unsur – unsur kebudayaan tersebut dianggap universal karena dapat ditemukan pada semua kebudayaan bangsa – bangsa di dunia.

Berikut ketujuh unsur kebudayaan tersebut :

·         Bahasa
·         Sistem pengetahuan
·         Sistem religi
·         Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial
·         Sistem peralatan hidup dan teknologi
·         Sistem mata pencaharian hidup
·         Kesenian

Bahasa

Bahasa adalah alat yang digunakan oleh manusia untuk saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lainnya. Dalam fungsinya bahasa hanya sebagai pengantar saja dalam proses komunikasi tersebut. Bahasa di setiap wilayah atau daerah atau bahkan negara memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut sangat kompleks dan unik.

Bahasa juga hanya dapat dimengerti oleh pengguna tersebut saja. Namun bahasa bisa juga dipelajari. Pembelajarannya menyangkut tentang keunikan dan kompleksitas dari bahasa tersebut sehingga proses komunikasi bisa berjalan dengan baik dan efektif.

Bentuk bahasa terbagi menjadi dua, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan.

Sistem Pengetahuan

Pengetahuan merupakan hal yang terpenting yang mampu membuat manusia bertahan hidup. Dengan adanya pengetahuan maka kemampuan manusia untuk bertahan hidup semakin bertambah. Tanpa adanya pengetahuan manusia hanya akan dibimbing oleh naluri saja yang pada akhirnya tidak akan mampu bertahan lebih lama.

Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan tentang alam sekitar, flora dan fauna, waktu, ruang dan bilangan, sifat – sifat dan tingkah laku sesame manusia, dan tubuh manusia.

Sistem Religi

Sistem religi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terpadu antara keyakinan dan keagamaan yang berhubungan dengan hal – hal suci dan tidak terjangkau oleh akal. Sistem religi yang meliputi sistem kepercayaan, sistem nilai dan pandangan hidup, komunikasi keagamaan, dan upacara keagamaan.

Sistem Kemasyarakatan atau Organsisasi Sosial

Sistem kemasyarakatan merupakan hal yang penting dari struktur sosial. Dengan adanya sistem tersebut maka bisa mewakili struktur sosial yang dimiliki oleh individu dari masyarakat yang bersangkutan.

Organisasi sosial adalah sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Dengan adanya organisasi sosial akan mempermudah tiap individu untuk mencapai keinginannya yang tidak dapat dilakukan secara sendiri. Sistem organisasi sosial meliputi kekerabatan, asosisasi dan perkumpulan, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, dan perkumpulan.

Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Sistem peralatan hidup merupakan salah satu hasil dari budaya yang diciptakan oleh manusia. Diciptakan peralatan oleh manusia merupakan salah satu tujuan untuk mempermudah memperoleh sesuatu yang diinginkan manusia.

Teknologi adalah jumlah keseluruhan teknik yang dimiliki oleh para anggota suatu masyarakat, meliputi keseluruhan cara bertindak dan berbuat dalam hubungannya dengan pengumpulan bahan – bahan mentah, pemrosesan bahan – bahan tersebut untuk dibuat menjadi alat kerja, penyimpanan, pakaian, perumahan, alat transportasi dan kebutuhan lain yang berupa benda material.

Unsur teknologi yang paling menonjol adalah kebudayaan fisik yang meliputi alat – alat produksi, senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan serta alat – alat transportasi.

Sistem Mata Pencaharian Hidup

Sistem mata pencaharian hidup juga merupakan unsur kebudayaan. Budaya ini tercipta dari masyarakat yang berkelompok dan membentuk sebuah sistem ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan hidup sehari – hari.

Sistem mata pencaharian hidup meliputi berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan dan perdagangan.

Kesenian

Kesenian merupakan hasil budaya yang diciptakan oleh manusia untuk mengagumi keindahan atau mengutamakan nilai – nilai keindahan. Nilai – nilai keindahan atau estetika ini merupakan hal yang bisa dinikmati oleh mata dan telinga manusia atau panca indera manusia. Secara garis besar bentuk kesenian terbagi dalam tiga garis besar yaitu seni rupa, seni suara dan seni tari.


Sumber :




http://www.pengertiansosial.com/2015/05/7-unsur-kebudayaan-menurut-koentjaraningrat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar