Minggu, 18 Oktober 2015

Tugas 2 Perilaku Konsumen

Penggunaan Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi Dalam Strategi Pemasaran

Pengertian Segmentasi Pasar

            Segmentasi pasar adalah pengelompokan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogeny, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dipilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Agar segmentasi pasar dapat berjalan dengan efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokan pasar sebagai berikut :
1.      Measurability : cirri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
2.      Accessibility : suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3.      Substantiability : segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.

Pembagian Segmen Pasar

1.      Segmentasi pasar konsumen
Yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan cirri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.

2.      Segmentasi pasar bisnis
Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek.

Manfaat dan Kelemahan Segmentasi                                                

            Banyak perusahaan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelompokan variable tertentu. Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif (Porter, 1991).
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
1.      Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.      Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar
3.      Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.

Proses Segmentasi Pasar

Proses segmentasi pasar mempunyai beberapa langkah, antara lain :
1.      Identifikasi basis segmentasi pasar
2.      Mengumpulkan informasi pasar
3.      Mengembangkan komposisi profil segmen
4.      Penetapan konsekuensi pemasaran
5.      Estimasi masing-masing potensi segmen pasar
6.      Analisis peluang pasar
7.      Penetapan penguasaan pasar

Penggunaan Segmentasi Pasar Dalam Penetapan Strategi Pemasaran

            Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah “segmentasi pasar”. Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau lebih kelompok-kelompok, bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa.

Analisis Demografi

            Analisis demografi meliputi set metode yang memungkinkan kita untuk mengukur dimensi dan dinamika populasi. Metode ini telah terutama dikembangkan untuk mempelajari populasi manusia, tetapi diperluas ke berbagai bidang dimana peneliti ingin tahu bagaimana populasi aktor sosial dapat mengubah seluruh waktu melalui proses kelahiran, kematian dan migrasi.

Karakteristik demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar antara lain :
·         Usia
·         Gender (jenis kelamin),
·         Status perkawinan,
·         Pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dsb.

            Informasi demografis merupakan cara yang paling efektif dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. Data-data demografis lebih mudah diukur daripada berbagai variabel segmentasi lain.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar