Penggunaan Segmentasi Pasar dan Analisis
Demografi Dalam Strategi Pemasaran
Pengertian Segmentasi
Pasar
Segmentasi pasar adalah
pengelompokan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogeny, dimana
tiap kelompok (bagian) dapat dipilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan)
untuk pemasaran suatu produk. Agar segmentasi pasar dapat berjalan dengan
efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokan pasar sebagai berikut :
1.
Measurability
: cirri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat
didekati.
2.
Accessibility
: suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan)
usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3.
Substantiability
: segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat
dipertimbangkan program-program pemasarannya.
Pembagian Segmen
Pasar
1.
Segmentasi
pasar konsumen
Yaitu membentuk
segmen pasar dengan menggunakan cirri-ciri konsumen (consumer characteristic),
kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan
kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.
2.
Segmentasi
pasar bisnis
Yaitu membentuk
segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses)
terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, dan merek.
Manfaat
dan Kelemahan Segmentasi
Banyak perusahaan yang melakukan
segmentasi pasar atas dasar pengelompokan variable tertentu. Dengan menggolongkan
atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan bahwa secara umum
perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat
penjualan dan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka
panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif (Porter, 1991).
Manfaat
yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
1.
Perusahaan
akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai
kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2.
Dapat
mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar
3.
Dapat
menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
Proses Segmentasi
Pasar
Proses
segmentasi pasar mempunyai beberapa langkah, antara lain :
1.
Identifikasi
basis segmentasi pasar
2.
Mengumpulkan
informasi pasar
3.
Mengembangkan
komposisi profil segmen
4.
Penetapan
konsekuensi pemasaran
5.
Estimasi
masing-masing potensi segmen pasar
6.
Analisis
peluang pasar
7.
Penetapan
penguasaan pasar
Penggunaan Segmentasi
Pasar Dalam Penetapan Strategi Pemasaran
Faktor penting lain yang harus diperhitungkan
ketika mengembangkan strategi pemasaran untuk konsumen adalah “segmentasi pasar”.
Segmentasi pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam
berbagai segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin,
agama, lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau
lebih kelompok-kelompok, bila menggunakan segmentasi pasar, penting untuk
menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor-faktor yang
disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan
kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap produk atau jasa.
Analisis Demografi
Analisis demografi meliputi set
metode yang memungkinkan kita untuk mengukur dimensi dan dinamika populasi. Metode
ini telah terutama dikembangkan untuk mempelajari populasi manusia, tetapi
diperluas ke berbagai bidang dimana peneliti ingin tahu bagaimana populasi aktor
sosial dapat mengubah seluruh waktu melalui proses kelahiran, kematian dan
migrasi.
Karakteristik
demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar
antara lain :
·
Usia
·
Gender
(jenis kelamin),
·
Status
perkawinan,
·
Pendapatan,
pendidikan, pekerjaan, dsb.
Informasi demografis merupakan cara
yang paling efektif dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali
target. Data-data demografis lebih mudah diukur daripada berbagai variabel
segmentasi lain.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar