Minggu, 18 Oktober 2015

Tugas 1 Perilaku Konsumen

Pandangan Perilaku Konsumtif Secara Umum

Pengertian konsumtif
       Konsumerisme merupakan suatu paham dimana seseorang atau kelompok melakukan dan menjalankan proses pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan, tidak sadar, dan berkelanjutan. Apabila seorang konsumtif menjadikan kekonsumtifannya sebagai gaya hidup, maka orang tersebut menganut paham konsumerisme.

Indikator Perilaku Konsumtif
            Menurut Sumartono (2002), definisi konsep perilaku konsumtif amatlah variatif, tetapi pada intinya muara dari pengertian perilaku konsumtif adalah membeli barang tanpa pertimbangan rasional atau bukan atas dasar kebutuhan pokok. Dan secara operasional, indikator perilaku konsumtif yaitu :
a)      Membeli produk karena iming-iming hadiah
b)      Membeli produk karena kemasannya menarik
c)      Membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi
d)     Membeli produk atas pertimbangan harga (bukan atas dasar manfaat atau kegunaannya)
e)      Membeli produk hanya sekedar menjaga symbol status
f)       Memakai produk karena unsure konformitas terhadap model yang mengiklankan
g)      Munculnya penilaian bahwa membeli produk dengan harga mahal akan menimbulkan rasa percaya diri
h)      Mencoba lebih dari dua produk sejenis (merek berbeda)

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif
            Assuari (1987) mengemukakan bahwa perilaku konsumtif dapat terjadi karena hal-hal sebagai berikut :
a.       Ingin tampak berbeda dari yang lain
Seseorang melakukan pembelian atau pemakaian dengan maksud untuk menunjukkan bahwa dirinya berbeda dengan yang lain.
b.      Ikut-ikutan
Seseorang membeli sesuatu hanya untuk meniru orang lain dan mengikuti mode yang sedang beredar.
Kemudian Stanton (1996) mengatakan bahwa ada kekuatan-keuatan psikologis yang mempengaruhi perilaku konsumtif, yaitu :
a.       Pengalaman belajar
Kunci untuk memahami perilaku pada konsumen terletak pada kemampuan menginterpreatasikan dan meramalkan proses belajar konsumen.
b.      Kepribadian
Kepribadian didefinisikan sebagai pola cirri-ciri seseorang yang menjadi faktor penentu dalam perilaku responnya.
c.       Konsep diri atau citra diri
Konsep diri dipengaruhi oleh kebutuhan psikologis dan fisik yang dibawa sejak lahir dan dipelajari selama proses perkembangan diri. Biasanya orang memilih suatu produk dan merek yang sesuai dengan konsep dirinya.

Aspek-aspek perilaku konsumtif
            Lina dan Rasyid (1997) menyebutkan ada tiga aspek dalam perilaku konsumtif, yaitu :
a.       Aspek pembeli impulsif
Aspek pembeli impulsive adalah pembelian yang didasarkan pada dorongan dalam diri individu yang muncul tiba-tiba.
b.      Aspek pembelian tidak rasional
Aspek pembelian tidak rasional adalah pembelian yang dilakukan karena kebutuhan, tetapi karena gengsi agar dapat dikesankan sebagai orang yang modern atau mengikuti mode.
c.       Aspek pembelian boros atau berlebihan
Aspek pembelian boros atau berlebihan adalah pembelian suatu produk secara berlebihan yang dilakukan oleh konsumen.

Sumber :
http://afdholhanaf.blogspot.co.id/2012/01/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar